Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 03 September 2015




pengertian Kamera

Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap", mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak jenis kamera potret.

B.     Jenis-Jenis Kamera
1.      Compact Digital Camera



Kamera Digital biasanya di bikin Mudah di gunakan dan harga relatif murah dibawah 1 juta bahkan ada yang harganya 500rb. Dengan kualitas image yang seadanya dan penggunaannya yang Point And Shoot. Kamera ini cocok untuk yang masih pemula atau yang ingin punya kamera yang lebih bagius dari Handphone.

Biasanya fitur kamera digital ini lengkap, memiliki ½’3 ~ ½’5 sensor yang digunakan dan tipe CCD walaupun Megapixel yang besar jangan harap hasil yang Crystal Clear. Tapi seorang photographer tidak memperdulikan apa kameranya, yang penting imajinasinya  dan kemampuan keratifitasnya. Kamera digital rata-rata auto jadi tidak ada settingan manualnya, walaupun beberapa jenis kamera ada yang menyediakan Fitur tersebut.




2.      Kamera Prosumer
Kamera Prosmer Biasanya memberikan Kualitas gambar yang lebih baik Bahkan Mendekati Consumer Level DSLR dengan teknologi Canggih seperti Canon Digic 5 , Fujifilm EXR Technology , Sony EXMOR dan sejenisnya Sensor yg Besar bertipe CMOS , Settingan Full Manual M dan Semi Manual P S A dengan Betuk yg Compact membuatnya Kamera ini cocok buat Enthusiast dan Fotografer. tetapi kurang cocok buat pemula karena Setinggan Manual nya terkadang hanya di mengerti orang yg bener bener ngerti fotografi. tetapi Harganya 2 bahkan 3 kali dari Kamera Dgital biasa.

3.      Bridge Camera / DSLR
Zoom Besar , Kualitas Gambar Bagus , All in One. Ultimate Tools. biasanya Camera Jenis ini adalah Kamera “kedua” sang fotografer. Bentuknya Seperti DSLR dengan Lensa Super Zoom. Biasanya dari range 24mm – 720mm , 22mm – 660mm . Lensa Tele.

Dengan kecepatan Continous Drive yg cepat.. 11 fps , 8fps , Full HD Movie bisa di pasang Filter dan Converter di depan lensanya untuk keleluasan pengguna Sayangnya lensa tidak bisa diganti.
Dan juga Sensor yg Sama dengan Prosumer. jadi sensornya tidak sebesar DSLR tetapi Kualitasnya tak Semaksimal DSLR. tetapi hal tersebut di bayar dengan Lensa Zoom yg Panjang dan Jarak Fokus minimum yg pendek yaitu 1cm (HS20EXR )

Harganya juga kompetitif.. kisaran 1.5 hingga 4 jutaan . walaupun ada yang 7 jutaan ( XS1) bagi anda yg ingin traveling.. males bawa DSLR + Lensa ini itu.. Brigde adalah Jawabanya. Karena Bridge juga bisa Manual dan Lain lain seperti DSLR. bahkan dari segi tehnologi Bridge terkadang Lebih canggih dari DSLR seperti menggunakan BSI CMOS Sensor EXR Processor ( Fujifilm ) , Noise Reduction Control , High Speed Recording.

4.      Consumer Level DSLR

DSLR , Bisa Ganti Lensa , Dan Warna Warni harga relatif kompetitif.. 4 Juta Sampe 6 Jutaan. Dengan Lensa Kit 18-55 , Kualitas gambar yg Bagus. menjadi pilihan anak Muda.

5.      Mirrorless / Hybrid

Hybrid atau Mirorrless ini adalah kamera Mirip DSLR tanpa Mirror dengan bentuk yang Kompak Biasanya memiliki Kemampuan yg sama dengan DSLR dengan snsor 4/3 dan APSC memberikan Kualitas Gambar yg sama. dan bisa ganti ganti Lensa memberikan nilai + sendiri Betuk Kompak + Kualitas Bagus.

6.      Semi pro DSLR
FULLFRAME atau APSH kualitas ga perlu di ragukan lagi dengan harga 20 ~ 50 jutaan. biasanya di gunakan di Studio Foto sering digunakan oleh Photographer Profesional.

7.      Boutique

Kamera Butik , Stylish yet Powerfull. dengan rata rata menggunakan Sensor Fullframe ( Leica M9 ) atau APS C ( X100 ) dengan kualitas gambar yang tak perlu di ragukan. menurut Kai W seorang Fotografer dari Hongkong. Kualitas Kamera Butik lebih bagus daripada Fullframe DSLR seperti D3S , dan Butik APSC seperti X100 mengalahkan EOS7D dari segi Image Quality menurut DXO Mark. dengan bentuk yg Compact. Harganya pencapai 69 Juta.

8.      Medium Format/Professional DSLR


Kameranya PROFESSIONAL dengan Sensor MEDIUM FORMAT dan Gambar 40  ~ 80 MEGAPIXEL

Sumber :

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. kurang penjelasan terhadap pengertian kamera dan kurang enak dilihat

    BalasHapus

- Copyright © Bale Blog's - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -